Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Hari Nelayan Palabuhnaratu Dan Sejarah Hari Lahirnya

Admin
18 Mei 2023, 19:55 WIB Last Updated 2023-12-18T17:27:19Z

Sejarah munculnya hari nelayan, acara tradisional yang mengusung kesenian ragam budaya di setiap daerah masing-masing yang selalu diadakan setiap satu tahun sekali di pesisir pantai,  masyarakat menyebutnya Acara Hari Nelayan,


Bertepatan tahun1960 yang silam pada masa Orde Baru Sejarah Hari Nelayan Nasional ini lahir.


Panjang pantai Kurang lebih 95,191.Km yang dimiliki Negara Indonesia, sehingga dikatakan sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.


Keberlangsungan masyarakatnya yang menggantungkan hidup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dijadikan sebagai mata pencaharian menjadi nelayan.


Para nelayan sangat berperan penting dalam memberikan kontribusi untuk menyetabilkan Gizi masyarakat di seluruh pelosok indonesia.


    Hari nelayan palabuhanratu Foto : Dede Eko S


Sejarah Hari Nelayan Nasional


Perhatian yang penuh diberikan pada era kepemimpinan Presiden Soeharto pada sektor di bidang kelautan, khususnya terhadap para nelayan.


Dengan diberikan kebijakan sehingga dikeluarkanlah "Deklarasi Juanda" pada 13 Desember 1957


Yang berinti kan Konsepsi Nusantara dan kemudian melahirkan UU No.4 prp Tahun 1960 tentang Perairan Indonesia,  maka lahirlah Hari Nelayan tanggal 06 April pada tahun tersebut.


Disisi lain, antusias masyarakat sebelum ditetapkannya Hari Nelayan tersebut, di beberapa wilayah selalu mengadakan acara rutin tiap tahunnya sebagai acara rasa ucap syukur atas hasil laut yang mereka dapatkan.


Dengan menggelar sebuah pesta secara tradisional, sehingga upacara pesta nelayan tersebut ditetapkan pada tangga 6 April setiap tahunnya, dan sekaligus sebagai bentuk kepedulian Pemerintah untuk mengapresiasi jasa-jasa para nelayan di Indonesia.


Hari Nelayan Palabuhanratu


Di wilayah Palabuhanratu sendiri, kemeriahan acara ini sudah mulai terasa jauh jauh hari. pada awal bulan februari biasanya banyak rangkaian acara yang akan diselenggarakan oleh pihak panitia.


Dengan dimulainya beberapa kegiatan seperti, turnamen Volly Ball, Futsal Dan beberapa kegiatan kegiatan Perlombaan lainnya sebagai penyambutan hari nelayan seperti di antanya :


- Batminton

- Lari Marathon

- Lomba Mancing

- Lomba Menghias Perahu

- dll.


Kegiatan Hari Nelayan Palabuhanratu


Kegiatan Bakti sosial seperti, khitanan massal, santunan anak yatim/piatu dan jompo nelayan, Bazar, Pasar malam berikut arena permainan seperti komedi putar, Expo Perikanan dan pembangunan.


Dan pihak panitia juga menampilkan hiburan pentas musik band, tarling dan dangdut pesisir. untuk acara kerohanian diselenggarakan juga acara marawis, istigosah dan Tabligh Akbar yang mengahdirkan penceramah nasional.


Dan tidak ketinggalan pula penampilan seni budaya seperti Wayang golek, Pencak silat, debus, laes dan lain lain.



Syukuran hari nelayan palabuhanratu sukabumi Foto : Dede eko s

Acara Hari Nelayan Palabuhanratu


Setiap hari nelayan di selenggarakan di beberapa wilayah menampilkan  ciri khas yang berbeda, dan ada beberapa wilayah yang punya kesamaan khususnya untuk wilayah pantai selatan. yaitu dengan hadirnya sosok sang raja dan ratu, yang mana sosok ratu tersebut selalu identik dengan perwujudan dari Ratu pantai selatan Nyi Rorokidul.


Penampilan ratu pantai selatan, dengan paras yang cantik nan ayu diperankan oleh peserta yang telah lolos masa audisi. dan selama masa karantina para peserta audisi dibina dan diberi arahan sekaligus menunjukan kemampuan dan bakat yang dimiliki masing masing.


Puncak acara tradisi ini yang selalu ditunggu tunggu, baik oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat yang datang dari beberapa wilayah.


Upacara adat seperti arak-arakan atau Karnaval, menjadikan keseruan dan yang paling sakral. hingga acara tersebut berakhir di tengah laut melakukan adat larung saji dan akhiri dengan pembacaan Doa sebagai rasa syukur ke khadirat Tuhan yang Maha Esa.

Iklan

iklan