Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Upacara Adat Seren Taun Kasepuhan Cipta Mulya

Admin
18 Jun 2024, 19:33 WIB Last Updated 2024-06-18T12:36:14Z

Upacara adat syukuran panen panen padi atau seren taun kasepuhan cipta mulya, acara tradisi ini selalu di peringati setiap satu tahun sekali yang di isi dengan berbagai macam kegiatan, acara hiburan dan biasanya diadakan kurang lebih satu minggu.


Seren taun
Upacara adat seren taun Foto : Dede Eko S 


Menjelang akhir hari ketiga acara hiburan pun akan diadakan oleh pihak kasepuhan, yang bertujuan untuk menghibur warga kampung adat dan sekitarnya. 


Beberapa acara hiburan yang biasanya ditampilkan pada peringatan syukuran panen padi atau seren taun ini adalah, penampilkan acara seni tradisi seperti kesenian jaipong, wayang golek dan hiburan lainnya seperti musik dangdut atau band.


Seren Taun Kasepuhan Cipta Mulya


Pada puncak acaranya yang biasanya di adakan setiap hari minggu pada tanggal dan bulan tertentu, upacara adat seren taun ini merupakan kegiatan yang sakral yang mana semua sesepuh kasepuah di kampung adat ini akan berkumpul di rumah ketua adat kasepuhan.


Tidak hanya para sesepuh, warga di kampung adat pun akan ikut serta berkumpul turut serta terlibat pada momen syukuran panen padi ini, seperti yang terlihat pada tayangan video di bawah ini.

 


Gotong Royong


Gotong royong sudah jadi tradisi di wilayah kampung adat, yang mana hal itu bisa kita lihat pada tayangan video di atas. pada puncak acara seren taun rumah atau imah gede kasepuhan cipta mulya bakal ramai dengan berbagai macam kegiatan seperti para ibu-ibu yang sedang  memasak, para bapak-bapak yang turut serta membantu.


Dan upacara adat seren taun jadi momen yang paling di tunggu-tunggu oleh warga sekitar yang menyaksikan acara tersebut. tidak hanya warga kampung adat yang hadir namun banyak warga yang datang dari berbagai daerah yang sengaja datang ingin menyaksikan pagelaran tradisi ini, bahkan ada yang sampai menginap.


Dan ketika acara tradisi atau upacara  adat tersebut di mulai berbagai macam kesenian dan atraksi akan di tampilkan seperti tari-tarian petani, dogdog lojor, kesenian debus, laes, begitu juga dengan ritual yang paling sakral yaitu nagdiukeun si jimat ka leuit.


Lokasi


Berlokasi di wilayah adat banten kidul, tidak hanya kasepuhan cipta mulya yang selalu rutin mengadakan acara seren taun seperti ini, ada juga kasepuahan lainnya seperti kasepuhan sinarresmi, kasepuhan gelaralam yang berganti nama dari nama ciptagelar dan kasepuahn lainnya.

Kasepuhan kampung adat cipta mulya berlokasi di desa sirnaresmi kecamatan cisolok kabupaten sukabumi jawa barat. kasepuhan ini di pimpin oleh pemangku ketua adat yang bernama Abah Hendrik.


Acara seren taun selalu diadakan setiap satu tahun sekali, acara ini gratis di kunjungi dan terbuka untuk umum. jika kita datang dari jauh pihak kasepuhan telah menyediakan fasilitas menginap bagi yang datang dari jauh. 


Iklan

iklan