Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Alun-alun Palabuhanratu Tetap Jadi Tempat Terfavorit Untuk Nongkong

Admin
21 Jun 2024, 10:37 WIB Last Updated 2024-06-21T04:19:09Z
Alun alun palabuhanratu
Suasana malam di alun alun palabuhanratu Foto : Dede Eko S 


Alun-alun palabuhanratu masih jadi tempat terfavorit yang selalu di datangi banyak orang dari berbagai kalangan, dari yang tua, muda hingga anak-anak kawasan ini seakan memberikan kenyamanan untuk di singgahi, dan suasana sepi pun tidak terlihat dari pagi, sore hingga malam hari.


Alun alun ini berada di jalan siliwangi, berlokasi di kelurahan palabuhanratu, juga berdekatan dengan kawasan kecamatan dan merupakan wilayah kota palabuhanratu.


Titik Nol kilometer (0'km) di Palabuhanratu


Kawasan yang selalu di jadikan tempat nongkrong ini telah diresmikan sebagai wilayah atau penanda titik 0' (nol) kabupaten sukabumi, dengan telah di bangunnya tugu (0'Km) nol kilometer.


Tugu 0 kilometer
Tugu (0'km) nol kilometer kab sukabumi Foto : Dede Eko S 

Di area publik ini nantinya tugu sukabumi sehat jadi penanda titik nol wilayah sukabumi, yang mana sekarang masih dalam pengerjaan di bangun di depan seberang pendopo ruas jalan siliwangi, tepatnya di alun alun palabuhanratu.

Alun alun palabuhanratu 


Palabuhanratu atau pelabuhanratu merupakan wilayah ibukota kabupaten sukabumi jawa barat, sebagian besar titik pusat pemerintahannya berada dekat dengan alun-alun. jadi itulah alasannya kenapa wilayah ini selalu terlihat ramai setiap harinya.


Alun alun palabuhanratu
Alun-alun Palabuhanratu Foto : Dede Eko S 


Tidak hanya dijadikan tempat buat nongkrong, kawasan alun-alun palabuhanratu selalu dimanfaatkan buat istirahat (rest area) bagi para para pengendara yang lewat khususnya para wisatawan yang liburan ke pelabuhanratu.


Taman alun-alun palabuhanratu jadi pusat keramaian dan bisa dikatakan merupakan jantungnya kota palabuhanratu, yang mana segala kegiatan atau acara selalu diadakan di lokasi ini. begitu juga di tempat ini kita bisa dengan mudah untuk menemukan berbagai macam penjual makanan atau kuliner.


Kuliner palabuhanratu


Di beberapa titik lokasi area ini, para penjual berbagai macam jenis makanan tidak akan susah untuk kita dapatkan, karena dari pagi hingga malam hari kawasan alun-alun palabuhanratu selalu jadi buruan warga dalam hal mencari kuliner.

Kuliner
Kuliner alun alun palabuhanratu Foto : Dede eko s 

Sajian bermacam-macam kuliner pilihan di alun-alun palabuhanratu bisa kita nikmati, dari yang namanya bubur ayam, nasi uduk yang tersedia di pagi hari, hingga makanan lainnya yang bisa kita nikmati di malam hari.


Tidak hanya itu juga selain jadi tempat yang asyik buat nongkrong, kawasan alun-alun palabuhanratu juga kerap dijadikan sebagai titik lokasi untuk melakukan transaksi jual beli seperti halnya via Cod, 

Masjid Agung Palabuhanratu


Sebagai pusat keramaian kota, kegiatan atau aktivitas keagamaan pun (islami) kerap diadakan dilokasi ini, yang mana masjid  yang kokoh dan megah kebanggaan warga palabuhanratu berdiri tegak dengan nama masjid agung palabuhanratu.


Masjid agung palabuhanratu
Suasana masjid agung palabuhanratu Foto : Dede Eko S 

Tidak hanya menyediakan fasilitas pendidikan, banyak kegiatan lainnya yang selalu diakan oleh para pengurus masjid ini terutama oleh para pengurus remaja masjid agung palabuhanratu yang selalu giat mengadakan acara syiar Islami.

Fasilitas Alun-alun Palabuhanratu


Sebagai tempat yang keberadaannya sangat strategis, alun alun palabuhanratu sudah lengkap dengan berbagai macam fasilitasnya seperti tempat kuliner, masjid agung, toilet dan tempat pusat perbelanjaan lainnya.

Namun untuk kekurangan lainnya yang kerap di keluhkan banyak orang khususnya para pengunjung ialah kurangnya lampu penerangan, jika di malam hari alun alun palabuhanratu selalu terlihat gelap minim penerangan dikarenakan sebagian alat penerangannya rusak belum di perbaiki.


Alun alun palabuhanratu
Minim penerangan alun alun palabuhanratu Foto : Dede Eko S 

Begitu juga dengan fasilitas wc umum yang berada di alun-alun ini selalu terlihat kotor, kadang tidak jalan saluran airnya sehingga banyak para pengunjung yang lebih memilih ke toilet yang ada di masjid agung.

Palabuhanratu banyak Alun-alun nya


Tidak sedikit yang bilang jika di Palabuhanratu banyak alun-alun nya, karena tidak hanya di tempat ini di beberapa lokasi lainnya juga masih ada alun-alun, seperti alun-alun lapang cangehgar, dan alun-alun di pinggiran laut yang baru saja dibangun yang bernama alun-alun gadobangkong palabuhanratu.

Alun-alun Palabuhanratu merupakan wilayah yang sangat vital, dikarenakan lokasinya yang sangat strategis hal yang perlu sangat diperhatikan ialah menjaga agar tempat ini selalu memberikan rasa aman dan nyaman terutama pada malam hari perlunya pengontrolan dan pengamanan di kawasan ini.

Iklan

iklan