Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Suasana Meriah Di Acara Seren Taun Kasepuhan Sinarresmi 2024

Admin
24 Jul 2024, 00:42 WIB Last Updated 2024-07-23T17:49:34Z
Seren taun kasepuhan Sinarresmi
Ritual di acara seren taun kasepuhan Sinarresmi 2024


Seren taun merupakan acara syukuran panen padi yang sering dilakukan oleh beberapa wilayah yang berada di kawasan jawa barat dan banten, kegiatan upaca adat ini sering diadakan setiap satu tahun sekali.


Dikawasan banten kidul khususnya diwilayah kampung adat, seren taun merupakan ritual tradisi yang wajib di laksanakan karena kegiatan ini merupakan warisan dari para leluhurnya yang harus di gelar setiap satu tahun sekali.


Seperti di kawasan sukabumi yaitu kampung adat kasepuhan sinarresmi, pada hari minggu tanggal 21 juli 2024 telah mengadakan upacara adat seren tahun yang ke-445.


Seren Taun Kasepuhan Sinarresmi


Kasepuhan sinarresmi yang di pimpin oleh abah asep telah mengadakan acara seren taun yang ke-445, berbagai acara kegiatan dan hiburan mengisi dalam kegiatan ini, seperti mengadakan acara ritual menjelang upacara adat, mengadakan even turnamen olah raga dan acara hiburan seperti wayang golek dll.


Dan untuk lebih singkatnya lagi, seperti apakah acara seren taun yang diadakan di kasepuahn sinarresmi bisa di lihat pada tayangan video berikut ini



Lokasi Kasepuhan Sinarresmi


Kasepuhan sinarresmi merupakan kawasan kampung adat di wilayah banten kidul, yang mana daerah ini berada paling ujung di jawa barat yang berbatasan dengan provinsi banten.

Untuk kasepuhan lainnya di banten kidul yang berada di wilayah sukabumi selain sinarresmi ialah kasepuhan ciptamulya dan kasepuhan gelaralam yang dulunya bernama kasepuhan ciptagelar.

Akses menuju ke wilayah kampung adat ini sangat mudah untuk di tempuh, dengan kondisi jalan yang bisa di bilang mulus dan nyaman jika dari kota palabuhanratu hanya butuh waktu kurang lebih satu jam. 

Dan lokasi kasepuhan sinarresmi berada desa sirnaresmi kecamatan cisolok, kabupaten sukabumi jawa barat.

Selain itu di kampung adat lainnya juga akan menggelar hal yang sama, seperti sebentar lagi akan di selenggarakan seren taun kasepuhan ciptamulya 2024 yang pimpin oleh abah hendrik, dan seren taun gelaralam 2024 yang di pimpin oleh abah ugi.

Acara ini terbuka untuk umum bisa di hadiri oleh semua kalangan dari manapun, dan untuk pengunjung yang datang dari jauh atau luar kota, pihak kasepuhan selalu menyediakan tempat untuk menginap dan mendapatkan sajian  hidangan secara cuma-cuma.

Iklan

iklan